MaCuK n Jadi kauWan nYit di:

Thursday, January 15, 2009

FeaTure PunYa nYit akHir'' iNie Karna diSurUh bUwat oLeh mR. ArmAn

LANCAR BERBAHASA INGGRIS TANPA KURSUS

Yumita Ratih Uttami

Suatu hari seorang pengangguran hendak melamar pekerjaan di salah satu perusahaan. Berbekal ijazah S1 dan keberanian, ia pergi ke perusahaan tersebut. Untuk tahap administrasi, namanya tercantum dalam daftar calon pegawai yang lulus. Namun, saat tes kedua ia harus angkat kaki dari perusahaan tersebut. Mengapa? Karena persyaratan selanjutnya untuk menjadi pegawai disana adalah pandai berbahasa Inggris. Tetapi sang pengangguran tidak memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik dan benar, walaupun begitu dia tidak berniat untuk mempelajari Bahasa Internasional tersebut karena dianggap kurang penting. Suatu hari di bulan yang sama, dia bertekad membuka sebuah usaha kerajinan tangan. Beberapa bulan kedepan usahanya semakin maju sehingga terdengar sampai ke negara seberang. Seorang pengusaha dari Thailand hendak bekerja sama untuk memasarkan hasil kerajinan tangannya di negara tersebut. Namun karena sang pengangguran tidak dapat berbahasa Inggris dengan baik dan benar, maka negosiasi mereka pun terganggu sehingga pengusaha dari Thailand membatalkan niatnya untuk mengimpor kerajinan tangan tersebut.

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di atas? Dari ilustrasi tersebut, dapatkah Anda menyimpulkan untuk apa belajar Bahasa Inggris? Sebagian orang menganggap tidak penting karena mereka tidak menggunakannya sehari-hari. Selebihnya malah menganggap Bahasa Inggris adalah bahasa yang sulit untuk dipahami. Padahal, Inggris yang menjadi bahasa ”bisnis” makin dirasakan sebagai suatu keharusan. Masalahnya, jumlah pelaku bisnis di Indonesia yang sudah nyaman menggunakan negosiasi gagal karena salah paham dengan calon mitra asing. Lamaran kerja di sebuah perusahaan asing ditolak karena kemampuan berbahasa Inggris yang kurang. Kesempatan kerja sama dengan perusahaan kelas internasional batal karena tidak bisa menyediakan tenaga kerja yang bisa berbahasa Inggris. Banyak orang yang mengalami masalah dalam pekerjaan bukan karena tidak ada kemampuan atau kesempatan, melainkan hanya karena kemampuan bahasa Inggris yang kurang. Di dunia usaha yang makin mendunia, semakin banyak perusahaan lokal Indonesia yang masuk ke pasar dunia, dan semakin banyak perusahaan internasional yang masuk ke pasar lokal, penggunaan bahasa bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari dalam bisnis masih terbatas.

BAHASA INGGRIS MUDAH

Tergantung persepsi Anda sendiri, bagaimana memandang Bahasa Inggris tersebut. Apabila Anda memandang Bahasa Inggris sulit, maka hal tersebut akan menjadi sulit dan begitu juga sebaliknya. Maka, pandanglah Bahasa Inggris sebagai bahasa yang mudah untuk dipelajari karena alam bawah sadar Anda akan menangkap sugesti yang Anda berikan sehingga tidak ada beban untuk belajar. Lantas, apa langkah mudah untuk belajar Bahasa Inggris? Modal awal yang harus Anda punya hanya dua hal yaitu rasa ketertarikan dan metoda belajar yang efektif. Rasa ketertarikan akan membuat Anda ingin belajar bahasa Inggris, jika Anda tertarik untuk belajar bahasa Inggris maka Anda akan belajar secara teratur dan mudah mengingat pelajaran karena otak Anda mudah mengingat informasi mengenai hal-hal yang Anda sukai. Sedangkan metoda belajar memberitahu Anda mengerti bagaimana melaksanakannya dengan lebih cepat.

Kemudian, langkah apa yang akan Anda lakukan selanjutnya? Ya, tentu saja Anda tidak hanya memiliki rasa ketertarikan dan metoda belajar efektif serta keinginan yang menggebu-gebu di benak saja, namun Anda harus bertindak.

BELAJAR OTODIDAK

Berusaha mencari materi pembelajaran dan memahami sendiri akan lebih baik daripada belajar dari penjelasan orang lain karena materi yang diserap lebih banyak.

Seiring berkembangnya jaman, perkembangan teknologi semakin maju. Anda bisa memanfaatkan fasilitas internet hanya dengan membayar dua ribu rupiah per jam di warnet dekat rumah Anda, belajar Bahasa Inggris pun menjadi menyenangkan. Bagi Anda yang senang menjelajahi dunia maya, kini telah hadir beberapa layanan belajar Bahasa Inggris Online secara gratis, diantaranya www.EnglishClub.com, www.EnglishLand.or.id, dan www.kursusinggris.wordpress.com. Beberapa layanan Bahasa Inggris Online akan mengirim tutorial belajar Bahasa Inggris via e-mail setiap hari jika Anda mendaftar sebagai anggota. Namun jika Anda tidak menyukai cara belajar ini, Anda tetap bisa belajar Bahasa Inggris melalui buku-buku panduan belajar Bahasa Inggris yang dewasa ini banyak dijual di pasaran.

Pakar pembelajaran Bahasa Inggris, H. Douglas Brown mengemukakan prinsip belajar bahasa Inggris yang efektif yang disebutnya sebagai Way of life. Beliau mengatakan, jika kita belajar bahasa Inggris di negeri tempat bahasa tersebut digunakan sebagai Bahasa Ibu, umumnya kita akan lebih cepat menguasai bahasa tersebut karena kita setiap hari dikelilingi oleh bahasa Inggris, dari bangun tidur sampai kembali ke tempat tidur. Hal ini disebabkan karena bahasa Inggris telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita.

Demikian pula yang harus kita lakukan di Indonesia, jika Anda ingin belajar bahasa Inggris dengan efektif, Anda harus menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan. Artinya, Anda mencoba menggunakannya setiap hari dimanapun Anda berada. Anda bisa membaca, mendengar, ataupun berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. Sisihkan waktu setiap hari untuk membaca satu artikel bahasa Inggris dan gunakan kalimat tersebut dalam segala kesempatan. Selain itu, untuk mempertajam pendengaran dalam Bahasa Inggris, Anda dapat meluangkan waktu untuk mendengarkan segala sesuatu dalam bahasa Inggris (lagu, berita, atau kaset-kaset berisi pembicaraan dalam bahasa Inggris). Anda juga bisa mencoba untuk menulis dalam bahasa Inggris, seperti menulis surat ataupun menulis buku harian khusus berbahasa inggris.

Secepat mungkin ketahui kesalahan yang Anda lakukan dan segera memperbaikinya. Anda bisa bertanya kepada kenalan yang pandai berbahasa Inggris atau beratih menggunakan soal-soal yang ada pada buku latihan kemudian mencocokan jawabannya.

JANGAN BERHENTI BERBAHASA INGGRIS

Seperti kata orang, sebuah pisau makin diasah akan semakin tajam. Maka, selalu berbahasa Inggris disetiap kesempatan dimanapun Anda berada dan jadikan Bahasa Inggris sebagai long life learning (pelajaran sepanjang masa). Keep it in your mind, don’t save it. Yakinkan diri Anda untuk menyimpan ilmu yang telah Anda serap, bukan mengingatnya. Jika anda menyimpan ilmu tersebut dan menerapkannya, maka pelajaran yang Anda serap akan masuk ke dalam memori jangka panjang Anda.

Adakan sebuah percakapan antara Anda dan teman Anda baik itu via e-mail, chatting, maupun secara langsung, kapanpun dan dimanapun selagi ada kesempatan. Satu yang terpenting adalah jangan takut untuk mencoba. Jangan pernah takut salah untuk berbicara Bahasa Inggris sehingga Anda tidak berani untuk berbicara. Kesalahan adalah lumrah, Anda dapat belajar lebih banyak lagi dari kesalahan. Mulai saat ini, tanamkan dibenak Anda bahwa Bahasa Inggris merupakan Investasi untuk masa depan Anda.

No comments: