MaCuK n Jadi kauWan nYit di:

Sunday, October 12, 2008

Ale-ale . . . . . KULINER KHAS kOta keCiLkuuuuu

Ketapang, kota mungiL yang aDa d belahan Bumi BorNeo_tepatnya di sononyA ibUkota kalimantan barat, Pontianak_adaLah koTa yang memiliki kuliner khas yaitu ALE-ALE. . . .
Ale-ale adalah sejeniZ kerAng yang lEzat e. . . . tiada duanya d ketapanG. Ehm... eh. .. ketapang itu adalah sebuah kota yang terletak di suatu pulau tersendiri, yang masih di kawasan west borneo. Ketapang itu punya 24 kecamatan, yaitu tumbang titi, laut, nanga tayap, sandai, manis mata, kendawangan, matan hilir utara, matan hilir selatan, delta pawan, jelai hulu, benua kayong, de el el yang kalo disebutkan satu per satu pun. . . nyit yakin sob juga binun :D hehehehe. . . .
Nah. . . ale-ale ini adalah mata pencarian orang2 ketapang. . . khususnya yang berada di daerah, seperti Sukabangun de el el.
Ale-ale bisa dinikmati dengan cara direbus terlebih dahulu, cukup dibumbui garam. . . . sLuurrrrrrpp..... enaaaaaaak. . .
truz bisa juga d ambiL dagingny en dicampur dengan sayur apa aja... enak. . . . .
Enak juga dibuat serunding, itu loh . . . . . ale ale kering yang dcampur sama kelapa beserta bumbu'' lainnya. . . . yang endingnya digoreeeeeeeng
Nah, Ale-ale ini mulifungsi lo sobat. . contohnya bisa dijadiin bahan kerajinan serta sebagai bahan dasar pembuatan kapur sirih. . .. . . .
Penasaran nih yaaaa. . . gmana 'tampangnye' ale-ale???? wekekekek. . . . nih. . . ekslusif dari nyit. . . cuih . . .
Penampakan ale-ale

ne suasana di pantai sukadana, yang biase disebut biak-biak ketapang sukedane. . . PulaU datok
inie salah satu pantai iank ada di ketapang tepatnya di Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang, pantai sungai jawi

ThX for pemerIntah kab. ketapang iank udah nyediain fto na. . . . . .

makannYaaaaaaaah. . . kalo mampiR di ketapang, , , , , , , , pesen ale-ale ny 1 kg yo. . . . . .

1 comment:

Anonymous said...

aku panggil teh aja ya? (teh=kakak perempuan). oh..ya, teh aku anggap orang sunda soalnya keliatan dri URL blognya. bisingjak. kirain bisingajak (=mengajak). teteh deket pantai ya? kotanya kota apa?